rss

Kamis, 08 Oktober 2009

Microsoft Gazelle. Browser baru yang lebih aman.

Microsoft Gazelle. Browser baru yang lebih aman.
Sebuah browser yang kabarnya lebih aman sedang dikembangkan oleh para peneliti Microsoft Research. "Gazelle" dirancang layaknya sebuah sistem operasi. Nantinya, terdapat kernel browser yang mengelola sistem resource secara terpisah dan mengaturnya untuk website yang telah ditampilkan.

Gazelle bekerja seperti sebuah sistem operasi multigeneral. Seperti halnya sebuah program, setiap domain dianggap sebagai sebuah general instance atau main instance. Mekanismenya sama seperti IE8 atau Chrome, yang berbasis pada beberapa proses untuk memisahkan aplikasi web satu sama lain.

Browser" saat ini hanya memungkinkan 1 instance, misal untuk HTML Parser dan Stylesheet Parser, JavaScript Engine, Layout Renderer, Plugin, HTTP, & HTTPS. Sementara itu, browser Microsoft yang satu ini selangkah lebih maju. Gazelle juga memisahkan komponen web sebagai elemen tersendiri. Tiap komponen akan dijalankan dengan instance sendiri. Apabila sebuah web mengintegrasikan sebuah web lain dalam bentuk iFrames, maka keduanya akan dibuka oleh browser dalam proses yang berbeda.

Konsep Gazelle
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 735x349.


Untuk membatasi tiap Main instance, Gazelle menggunakan Same Origin Policy (SOP). Dalam satu instance, konten hanya dikirim apabila memiliki protokol, domain, dan port yang sama.

Hingga saat ini, Gazelle baru merupakan sebuah proyek penelitian. Fungsi browsernya memuaskan, tetapi masih belum dapat bersaing dengan browser lainnya seperti Firefox dan Opera. Banyak website yang belum dapat ditampilkan dengan baik. Hal itu terjadi karena kernel mengolah input dari keyboard sebagai resource tersendiri dan mengalokasikan satu proses khusus untuk resource tersebut dan tidak dapat diakses oleh proses lain.

0 komentar:


Posting Komentar